Lotus

Lotus

Friday, June 22, 2012

Socrates- Philosofi tentang Tiga Filter

Socrates- Philosofi tentang Tiga Filter

Dahulu Socrates terkenal memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat.

Socrates



Suatu hari, seorang kenalannya bertemu dengan filsuf besar dan berkata,


“Tahukah anda apa yang saya dengar tentang teman anda?”

Socrates berkata, “Tunggu sebentar.”




Sebelum anda menceritakan apapun pada saya, saya akan memberikan suatu test sederhana yang disebut Triple Filter Test.

Filter pertama adalah “Kebenaran”

“Apakah anda yakin bahwa apa yang akan anda katakana pada saya itu benar?”

Filsuf menjawab, “Tidak Tahu”


Filsuf menjawab lagi, “Sebenarnya saya hanya mendengar tentang itu.”

Socrates menjawab, “Baik”. Jadi anda tidak yakin itu benar.

Baiklah sekarang saya berikan filter yang kedua.

Filter kedua adalah , “Kebaikan”

"Apakah yang akan anda katakan tentang teman saya itu sesuatu yang baik?”

Filsuf menjawab, "Tidak", malah sebaliknya…

Jadi, Socrates melanjutkan,

"Anda akan menceritakan sesuatu yang buruk tentang dia,tetapi anda tidak yakin apakah itu benar."
 Anda masih memiliki sesuatu kesempatan lagi, masih ada satu filter lagi.

Filter ketiga adalah "Kegunaan"

"Apakah yang akan anda katakan kepada saya tentang teman saya itu berguna bagi saya?"
Filsuf menjawab, "Tidak", sama sekali tidak.

Jadi, Socrates menyimpulkan, "Bila anda ingin menceritakan sesuatu yang belum tentu benar, bukan tentang kebaikan dan bahkan tidak berguna, mengapa anda harus menceritakan kepada saya?"
Itulah sahabat mengapa Socrates diangap sebagai "filsuf besar dan sangat terhormat".

Sahabatku, gunakanlah triple filter test setiap kali kita mendengar atau menyampaikan sesuatu tentang kawan kita. 

Jika bukan kebenaran, bukan kebaikan dan tidak ada kegunaan positif, tidak perlu kita terima atau kita sampaikan.

Dan apabila kita terlanjur mendengarnya, jangan sampaikan pada orang lain dan jangan menyakiti orang lain.

Semoga kita menjadi orang-orang yang lebih baik..

No comments:

Post a Comment